Saturday, March 17, 2018

Kumpul Blogger Untuk Mengawal Harta Negara Bersama BPK

Untuk blogger, mendapatkan pin dari google adsense merupakan sebuah momen yang cukup membahagiakan. Berbeda dengan saya, saya juga seorang blogger yang juga senang jika mendapatkan pin dari google adsense. Tapi, kali ini bener-bener beda.... saya dan komunitas saya, blogger jakarta, membuat sejarah yang tidak akan dilupakan.


Untuk pertama kalinya saya menghadiri undangan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang terletak di gedung BPK. Dengan mengusung tema "Kumpul Blogger Bersama BPK", para blogger diajak untuk mengawal harta negara Indonesia. Karena, blogger mempunyai peran yang besar di dunia digital.

Berbeda dengan instansi pemerintah yang lain, BPK justru menggunakan cara jaman now (zaman era digital), dan tidak selamanya instansi pemerintah yang lain menggunakan cara cara jaman dulu. Semoga instansi yang lain dapat mencontoh kegiatan yang diselenggarakan oleh BPK pada hari kamis, 15 maret 2018. (13/03/2018).

Tanpa kamu ketahui, kamu bisa cek data-data dan tugas dari BPK di situs resminya yang beralamatkan www.bpk.go.id

Bahasa yang digunakan juga menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Jika, kamu lihat di situs resmi BPK, mungkin kamu akan pusing untuk mencerna kata-kata. Dan menjadi tugas seorang blogger untuk menjelaskan ke publik secara rinci dengan bahasa yang mudah dicerna.

Acara dimulai dengan diiringi lagu Indonesia Raya dan selanjutnya, Bapak Moermahdi Soerja Djanegara selaku keynote dalam acara "Kumpul Blogger BPK" membuka acara.

Oh iya, buat yang belum tau, sebelumnya BPK sendiri pernah mengadakan lomba blog dengan judul "BPK Kawal Harta Negara". Dengan hadiah total lomba blog sebesar Rp.25.000.000,- (25 Juta Rupiah), dan diluar dugaan .... sebanyak 250 orang tercatat mengikuti lomba blog yang digelar oleh BPK.

Para pemenang lomba blog

Ya, dan foto diatas adalah para pemenang lomba blog BPK. Selamat untuk para pemenang ! Konten yang kalian buat untuk lomba blog sangat hebat dan luar biasa. Semoga dapat memberikan motivasi untuk teman-teman blogger yang lain agar tidak putus asa dan memberikan semangat.

Dan, ada beberapa tips nih dari tiga pembicara yang dihadirkan oleh BPK untuk kalian yang ingin menjadi seorang blogger.

Jenis blog (niche) merupakan identitas untuk blogger itu sendiri. Jadi, tentukan jenis blog mulai dari hal yang kamu sukai, kelak akan menjadi identitas untuk blogger itu sendiri.

Semua ide harus ditulis semuanya terlebih dahulu, lalu masukkan ke dalam draft dan lakukan review terhadap tulisan yang sudah ditulis, sebelum di publish ke blog.

Kamu harus bisa menentukan katakunci (keywords) untuk mempromosikan diri kamu ke publik, agar nantinya publik akan tahu siapa kamu dengan katakunci yang telah kamu promosikan. 


Banyak ilmu yang bermanfaat dan berguna, bahkan saya pun langsung membenahi diri saya dan blog saya agar jadi lebih baik ke depannya. Oh ya, saya juga menjadi pemenang dalam acara "Kumpul Blogger BPK" loh ... tidak disangka saya juga ikut menjadi pemenang. Secara tidak langsung, saya mewakili komunitas blogger jakarta sebagai seorang pemenang.

Dok. pribadi

Harapan saya ke depan, semoga instansi pemerintah yang lain dapat menggandeng para blogger dan komunitas saya, blogger jakarta untuk berpartisipasi, agar masyarakat dapat lebih melek di era digital sekarang serta mengajak publik untuk menggunakan internet dengan bijak. 

Personal blogger dan Founder komunitas blogger jakarta | kirim email untuk kerjasama ke : geraldirizki@gmail.com