Tuesday, February 16, 2016

Penting Gak Sih Trafik Untuk Blog

Mungkin pertanyaan ini adalah pertanyaan yang terdengar bodoh, sama aja kayak kamu yang bertanya penting gak rating dan share pada sebuah acara televisi. Jawabannya, Jelas penting, kesuksesan blog dilihat dari banyaknya trafik visitor atau pv.




Pertanyaannya, apakah cuma trafik visitor yang jadi faktor penentunya ? Blogger paling pusing dengan urusan trafik, cara mendapat visitor, bagaimana cara menjangkau audience lebih luas dan yang lainnya. Ada 2 hal penting yang harus dilakukan :

1. Membuat konten, dan
2. Mempromosikan Blog

Kebanyakan para blogger membuat konten ala kadarnya bahkan mereka sehari bisa membuat 3 sampai 4 artikel (1 artikel sehari sudah cukup banyak). Yang blogger lakukan hanya membuat artikel ringkas seperti 7 fakta atau 10 tempat dan membuatnya dengan cara copy paste dan BOOM! berharap mendapat dollar dan trafik yang tinggi. 

Contoh sederhananya, kita sering mendengar kalo ingin punya visitor maka kamu harus rajin melakukan blogwalking tapi si penulis artikel tidak melakukan blogwalking ke blog lain. Sungguh licik dan tidak patut dicontoh.

Inti dari semua tulisan diatas adalah tidak semua blogger berbagi secara Real. Kebanyakan isi artikelnya hanya sampah.

(Catatan: Setiap blogger punya caranya tersendiri untuk mendatangkan trafik. Mengandalkan SEO, ada juga yang mengandalkan viral marketing dan sebagainya. Blog ini adalah blog gado-gado yang mempunyai banyak tema.)

Saya akan berikan beberapa cara yang bisa membuat para blogger menjadi lebih berkualitas, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan berguna untuk para blogger :

1. Membuat Konten


Selain trafik yang sangat penting untuk blog yang lebih penting adalah "Kualitas artikel". Cara terbaik yang kamu lakukan cobalah membuat konten artikel yang belum pernah ada dan yang unik. 

Jangan ikut-ikutan apalagi sampai terbawa arus. Internet seperti laut sangat luas, blog kamu adalah ikan kecil yang hidup di lautan yang luas. Untuk menarik perhatian para pembaca adalah melawan arus.

Catat ini jika penting, "Kualitas harus menjadi fokus untuk konten kamu, kualitas yang baik akan menghasilkan trafik visitor yang baik juga. Dan kualitas blog yang baik adalah memberikan sudut pandang dari pengalaman kamu sendiri".

2. Promosikan Blog


Ini adalah langkah yang membuat para blogger pusing kepala yaitu promosi blog mereka. Banyak para blogger sibuk mencari atau mendatangkan visitor tapi malah lupa buat promosikan blognya. Disini saya akan sharing dengan kamu bagaimana cara mempromosikan blog ini dengan cara yang saya sudah lama lakukan :

  • Facebook 
Pertama kali blog ini dibuat, sumber trafik terbanyak adalah dari sosial media facebook. Karena facebook merupakan media yang paling cocok untuk sharing di internet dan facebook merupakan sosial media yang paling banyak digunakan di Indonesia sendiri. 

Konten yang baik dengan memakai cara SEO sebaik mungkin tidak akan tersebar jika kamu tidak mempromosikannya, jangan nunggu dari search engine. 

  • Twitter
Sosial media twitter juga mempunyai pengguna terbanyak di Indonesia, apalagi kalau kamu punya followers yang banyak, sangat menguntungkan untuk trafik blog kamu.

  • Kaskus
Di situs sosial media kaskus yang saya lakukan hanya mengedit artikel untuk menjadikannya sebuah thread, tidak lupa menaruh sumber link. Bayangkan kalau thread kamu jadi "Hot Thread" di kaskus ? Maka visitor juga akan mengunjungi sumber link bisa banjir deh trafik blog kamu. 

  • SEO
Blogger banyak yang pusing dengan urusan yang satu ini, dulu diawal saya membuat blog cara ini sangat tidak penting. Hasil dari SEO itu perlu waktu jangka panjang jadi saya memfokuskan isi konten yang baik tanpa peduli keyword ataupun score SEO. 

Saya sendiri tidak menggunakan tools SEO untuk blog ini, tulisan benar-benar asli karna dibuat dari pengalaman nyata lalu saya olah lagi setelah mendapat informasi tambahan dan sudut pandang dari beberapa blogger yang membantu saya untuk mendapat ide/gagasan, agar konten dari artikel saya dibaca oleh visitor. 

Cara SEO yang saya lakukan untuk blog ini cukup mudah dan tidak banyak, hanya melakukan optimasi seperlunya dan submit artikel ke webmaster dan sitemap. Saya hanya fokus dengan menaikan popularitas (seperti backlink dan share), dan pasti kuantitas bisa menyusul secara perlahan. 


Saran Dari Saya :

Untuk yang baru jadi blogger dibulan-bulan pertama coba untuk fokus pada platform/blog kamu sendiri. Blog itu tidak cocok untuk orang yang punya sifat tidak sabaran karna sifat blog sendiri adalah "jangka panjang". Dan jangan membuat blog hanya untuk sekedar tren atau ikut-ikutan untuk mendapatkan penghasilan.

Karena value utama dari blogger adalah Berbagi, Bercerita, Sharing ilmu dan sharing informasi, dan pengalaman dengan media di internet. 

Jangan membuang waktu untuk mendatangkan visitor atau mencari penghasilan tinggi tapi fokus ke blog kamu, "Do your job, do your work".

Personal blogger dan Founder komunitas blogger jakarta | kirim email untuk kerjasama ke : geraldirizki@gmail.com

24 komentar

selain promo blog di fb, twitter, kaskus sama seo
promo blog juga bisa dilakuin di koran, tv, dan radio
coba dah paling2 tekor hahaha

Kalo konten dan promosinya bagus, trafiknya naik. Tapi kadang ada trafiknya bagus ternyata karena menang judul doank isinya ngga ada ^^

Bener juga sih, apalagi yang copas artikel tanpa kasih sumber.
Yang terakhir bener banget, semua itu butuh waktu. Tidak ada yang instan di dunia ini, mie instan aja harus direbus, dibuka bungkus bumbunya, harus mensediakan mangkuk dan sebagainya. Namanya saja instan tapi tidak instan, tetap membutuhkan waktu untuk memasak mie itu.
Bagi anda blogger pemula seperti saya, terus semangat jangan putus asa dengan blognya.

Salam super haha (apasih)

Jumlah konten memadai, judul menarik, promosi dan biarkan pembaca berselancar di blog kita...
itu yang sedang ingin saya lakukan. Tapi susah bener... But, saya yakin suatu saat bisa...

Sarannya saya amankan gan, mantap!

Kalau dulu baru kenal blog sih saya nggak mementingkan trafik, tapi sekarang ini bener2 mementingkan. Entah karena apa itu bisa terjadi. O ia, kenapa melawan arus ya? Kan kalau mengikuti arus yang ada visitor pasti ada bukannya? CMIIW

Thanks gan udah sharing cara meningkatkan trafik blog :))

trafic blog emang penting. dan yg paling penting buat konten yg berkualitas sekaligus kitanya harus rajin2 buat promisiin blog

gue suka sama bagian yang ini nih,,,
"Kualitas harus menjadi fokus untuk konten kamu, kualitas yang baik akan menghasilkan trafik visitor yang baik juga. Dan kualitas blog yang baik adalah memberikan sudut pandang dari pengalaman kamu sendiri".
jangan-jangan lu motivator juga ya dulunya :v

Dari semua itu yang blm ane lakuin main di kaskus gan, soalnya rada ribet bikin threadnya, tapi kalo efeknya emang beneran mangstab

"Do what you love, love what you do"
Kerjakan apa yang kamu cintai, cintai apa yang kamu kerjakan. Setiap blogger memiliki karakter yang berbeda. Namun dengan matangnya umur dan kemampuannya maka pola dan cara berfikirnya akan sangat berbeda. Tidak hanya sekedar ikut trend asal punya blog kemudian dapat duit. Itu hanya pandangan sempit saja dari seorang blogger. Namun sayangnya, kalau sudah mendapatkan apa yang diusahakan. Ada saja cobaanny menjadi blogger. Entah di hack atau di jingling orang lain. Jadi menjadi blogger profesional bukan hanya hard skill namun juga soft skill

mantap gan bisa nambah ilmu buat saya :D

penting bangettt, pake bingitzzz :D
trafik = revenue , hehe

kalo blog nya isinya cerita horor,konten nya cuma sekedar yg horor horor?

sebelum membuat blog, perbaiki dulu niatnya, tapi kalo utamanya mencari dollar , akan ada kekecewaan jika hasilnya tidak berjalan sesuai kenyataan , sedangkan kalau niatnya emang untuk berbagi ilmu , saya yakin kaga bakalan bosan untuk terus-terusan eksis didunia blogger , dan kali saja tanpa disadari bisa datang dengan sendirinya rejeki dari hasil blog .. hehe

Kadang ada yang banyak traffic tapi tidak mengconversi, tapi ada sedikit pangunjung tapi earningnya gede .. :) Skdar tertanya .... :D

wah bermanfaat ni gan, tapi saya belum menerapkan SEO, kurang tau caranya :v jadi bw aja lewat facebook. Nice gan :D

wokeh mantaf nih gan.. ane jadi putar pikiran.. setelah baca artikel ini..

menurut saya trafik itu juga sangat penting gann... btw bermanfaat nih post nya
terima kasih

Boleh-boleh aja menurut saya di isi dengan konten selain horror, asal tetap menjaga niche blog agan yang horror tersebut :)

Bagi saya blogger adalah sebuah hobi, bukan profesi. karena saya yakin apapun hobi kita, selama itu positif dan bermanfaat bisa menjadi sumber kehidupan jika ditekuni.

Anda memiliki postingan yang sangat berguna. Terima kasih telah berbagi

mantap pak buat infonya dan semoga bertambah sukses selalu

bagus bos artikelnya dan sangat menarik

salam kenal sob dan sangat mantap infonya