Thursday, March 10, 2016

Programmer Komputer Pertama di Dunia Ternyata Perempuan


Foto yang sobat lihat diatas adalah Ada King atau sering dikenal dengan julukan Countess Lovelace. Ditahun 1843, dia menemukan program dasar komputer mekanika yang pertama. Lalu Ada King mengadakan korespodensi dengan para penemu yang lain salah satunya adalah Charles Babbage disebuah pesta.

Ada King membahas ide/gagasan milik Charles untuk sebuah mesin yang disebut "Mesin Analitis", sebuah komputer yang bisa menggunakan algoritma untuk membuat output dan Ada King memperbaiki dan memperluas konsepnya. Dalam arti dia mempelopori gagasan algoritma komputer, dilaman biography.com dijelaskan bahwa perempuan yang juga dikenal dengan nama Ada Lovelace menggambarkan cara bagaimana kode dibuat untuk perangkat yang berguna menangani huruf dan simbol bersamaan dengan angka.

Dia juga menemukan sebuah teori metode mesin untuk serangkaian intruksi, proses ini dikenal dengan nama perulangan yang program komputer gunakan saat ini dan juga mempersembahkan konsep yang berpikiran maju. Ada Lovelace adalah putri tunggal dari seorang penyair yang bernama Lord Byron dan Anne Isabella Byron. 

Saat masih remaja, ia sudah tertarik pada mata pelajaran matematika dan juga mesin analikital, sebuah karya milik Cabbage. Ditahun 1842 sampai 1843, Ada Lovelace mampu menerjemahkan sebuah artikel karangan seorang matematikawan italia yang bernama Luigi Menabrea, yaitu mengenai sebuah mesin yang akan menjadi cikal bakal penemuannya.

Personal blogger dan Founder komunitas blogger jakarta | kirim email untuk kerjasama ke : geraldirizki@gmail.com

8 komentar

kalo ane masih merintis jadi seorang programer :)

sbnarnya teknologi uda ada sejak lama tp bentukny aja yg beda kyk skrg..

hebat ternyata gan,ane kira cowok programmer pertama didunia!!
salut ane gan sama diaa hehe...

ini keren! Jadi perempuan dan laki-laki sama-sama pintar :D

Menarik banget gan. Jadi gak sia2 terjerumus kedunia komputer kalo programer pertama itu seorang wanita :D

Andai punya istri jago komputer kaya dia , bahagia dah hidup ane 😁