Friday, February 1, 2019

Kenapa Sih Harus Kuliah ?

https://www.geraldirizki.com/2019/01/kenapa-sih-harus-kuliah.html
(Sumber: Opini pribadi, Infokuliah)

Pertanyaan ini sudah sering terjadi disekitar kita, baik dalam lingkungan yang masih sekolah maupun dalam lingkungan yang sudah lulus sekolah atas (SMA/SMK). Perlu diketahui terlebih dahulu...kalau pendidikan itu sangatlah penting untuk mendapat ilmu pengetahuan. Balik lagi ke sekolah, sekolah merupakan tempat atau wadah yang memberikan pendidikan ke siswa-siswi yang membutuhkan.

Dan, pendidikan juga bisa digunakan sebagai salah satu cara untuk ber-sosialisasi dengan orang lain. Atau bahasa keren-nya, bisa digunakan atau membangun jaringan (link/channel/relasi) yang lebih luas. Kuliah pun juga seperti itu ...

Lulus dari sekolah langsung bekerja tidak ada salahnya, yang langsung kuliah juga tidak ada salahnya. Yang berbeda menurut gue adalah kalau kalian kuliah, maka kalian akan menambah wawasan, bukan cuma wawasan yang itu-itu saja. Kalau bekerja, maka kalian akan menambah relasi dan ilmu dalam bekerja yang tidak didapat dari perkuliahan.

Namun, disini akan lebih ditekankan ke topik "kuliah" ya. Oke, simak lagi yuk.

1. Kuliah Itu Menjemput Ilmu

https://www.geraldirizki.com/2019/01/kenapa-sih-harus-kuliah.html

Hal-hal yang sedang kamu lakukan itu butuh ilmu, masa iya kalian punya bisnis tapi engga punya ilmu mana bisa berjualan ? Karena dengan ilmu kalian jadi tau langkah-langkah apa aja yang bisa kamu ambil dan kamu pelajari lalu bisa deh diterapin di kehidupan sehari-hari.


2. Bisa Belajar Hal Yang Baru

https://www.geraldirizki.com/2019/01/kenapa-sih-harus-kuliah.html

Dengan menemukan hal baru saat masa kuliah, seperti ketemu temen baru, lingkungan baru, pacar baru, dan pengalaman baru. Masa kuliah bisa ngelatih kalian untuk mampu beradaptasi dan bertahan di bawah tekanan.


3. Menjadi Panutan

https://www.geraldirizki.com/2019/01/kenapa-sih-harus-kuliah.html

Tak terkecuali, khususnya cewek yang lulus kuliah terus langsung menikah lalu punya anak... ilmu dari kuliah dikemanain ? Kasih ilmu tersebut ke anak nanti. Seorang anak itu terlahir dari seorang ibu yang pintar dan punya wawasan luas, supaya bisa mendidik jadi anak yang cerdas.


4. Dekat Dengan Impian

https://www.geraldirizki.com/2019/01/kenapa-sih-harus-kuliah.html

Kalau kalian punya impian yang harus di wujudkan, maka jadikanlah masa kuliah sebagai batu loncatan untuk meraih impian. Yaa, karena kan engga ada tuh impian yang bakalan datang secara tiba-tiba, perlu di iringi dengan usaha juga buat meraihnya.


5. Menambah Pengalaman Hidup

https://www.geraldirizki.com/2019/01/kenapa-sih-harus-kuliah.html

Punya banyak banget pengalaman hidup selama masa kuliah dan itu harus di ingat. Pasti akan memberikan pelajaran yang bermanfaat untuk kedepannya.

Guru terbesar dalam hidup adalah pengalaman

Personal blogger dan Founder komunitas blogger jakarta | kirim email untuk kerjasama ke : geraldirizki@gmail.com

1 komentar

Ini nih yang kebayang di otak saya dulu waktu ikut pelatihan sebelum kerja. Aneh karena lulusan kuliah bukan berarti siap kerja, apa bedanya saya sama yang lulusan SMA? toh sama-sama harus ditraining dulu sebelum kerja.

Belum lagi pekerjaan pertama saya beda sama jurusan yang saya ambil, akhirnya banyak ilmu yang gak kepake ganti dengan ilmu baru yang harus dipelajari secepatnya.

But then again, kuliah tetap penting buat saya. Bukan sekedar biar ada ijazahnya aja, kuliah menurut saya tempat yang bagus buat menempa pola pikir dan kemampuan menganalisa yang ujung-ujungnya kepake juga buat kerja.